Telp: (024)8508092

Email: baakk@mail.unnes.ac.id

Beranda » Profil » Sejarah

Sejarah BAKK Universitas Negeri Semarang berawal pada tahun 1965 ketika Universitas Negeri Semarang masih bernama IKIP Semarang. Ketika itu satuan kerja yang mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam bidang administrasi akademik adalah Bagian Pendidikan dan Pengajaran (BPP).  Pada saat itu satuan kerja administratif di likungan IKIP Semarang hanya terdiri atas bagian-bagian, belum terbentuk organisasi kerja struktural sub-bagian, bagian dan biro. 

Seiring dengan perkembangan zaman, pada tahun 1980 pemerintah melakukan penataan organisasi perguruan tinggi negeri. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 1980 tentang Pokok-pokok Organisasi Universitas/Institut Negeri, susunan organisasi IKIP Semarang ditata kembali dengan Keputusan Presiden Nomor 52 tahun 1982 tentang Susunan Organisasi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang. Dengan penataan tersebut  Bagian Pendidikan dan Pengajaran (BPP) berubah menjadi Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) yang membawahi Bagian Akademik, Bagian Kemahasiswaan, dan Bagian Perencanaan. 

Pada tahun 1999 sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 124 Tahun 1999 tentang Perubahan IKIP Semarang, Bandung, dan Medan menjadi Universitas, IKIP Semarang berubah menjadi Universitas Negeri Semarang (Unnes). Dengan perubahan institut menjadi universitas tersebut terbit pula Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 278/O/1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Semarang. Secara substansial, keputusan tersebut mengatur organisasi yang ada di Unnes. Pada Kepmendikbud ini Unnes memiliki 2 biro, yaitu: Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistem Informasi (BAAKPSI) dan Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK).

Pada awal terbentuknya, BAAK dipimpin oleh Drs. Robertus Sunartoyo, tenaga pengajar yang merangkap sebagai Kepala BAAK. Mulai tahun 1988 BAAK dipimpin oleh Drs. Mohammad Sulthon, M.Kom. tenaga administratif dalam karier jabatan struktural.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 59 tahun 2009 BAAK berubah menjadi BAAKK. Dalam satuan kerja  yang baru ini BAAKK terdiri atas Bagian Akademik, Bagian Kemahasiswaan, dan Bagian Kerja Sama. Sebagai pejabat yang pertama dalam struktur BAAKK adalah Drs. Kardiyono, M.Pd. (2009 - 2010) yang diangkat berdasarkan Keputusan Rektor Unnes Nomor 167/P/2009 tanggal 3 November 2009, dan sejak tahun 2010 dilanjutkan oleh Drs. Heri Kismaryono, M.M. yang diangkat berdasarkan Keputusan Rektor Unnes Nomor 255/P/2010 tanggal 28 Oktober 2010.

Kemudian di tahun 2016 dengan berdasarkan pada SOTK (Struktur Organisasi dan Tenaga Kerja) yang baru, BAAKK berubah nama menjadi BAKK (Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja sama) dengan pimpinan baru yang dilantik pada bulan Februari yaitu Drs. Anwar Haryono, M.Pd.

Pada awal November 2017 Drs. Anwar Haryono, M.Pd memasuki masa purna tugas dan kepemimpinan selanjutnya diteruskan oleh Deddy Rustiono, S.E., M.Si. selaku Kepala BAKK yang baru.

Video Pilihan

    Mahasiswa Inspiratif UNNES

    Agenda Terbaru

      Polling Pengunjung

      Bagaimana penilaian Anda mengenai pelayanan prima BAKK UNNES..??

      Kontak Kami

      Telepon: (024)8508092
      Fax: (024)8508084
      Email: baakk@mail.unnes.ac.id

      BAKK UNNES Gedung Rektorat Lantai 1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang - 50229