Telp: (024)8508092

Email: baakk@mail.unnes.ac.id

Beranda » Gagasan » Program Unnes Peduli Plastik Langkah Nyata Konservasi

Program Unnes Peduli Plastik Langkah Nyata Konservasi

Permasalah konservasi tidak hanya cukup menanam tetapi juga menjaga karena pengertian konservasi adalah pelestarian atau perlindungan. Makna perlindungan salah satunya adalah menjaga, dalam hal ini adalah menjaga keseimbangan alam. Tanpa keseimbangan, alam akan mencari keseimbanganya sendiri. Salah satu contoh alam mencari kesetimbangannya adalah banjir yang terjadi di ibukota Jakarta, hal ini terjadi karena alam mencari kesetimbangan dimana daerah resapan air di puncak sudah rusak sehingga tidak mampu menampung banyaknya curah hujan dan alam mencari kesetimbangannya melalui banjir. Masih banyak lagi akibat yang sangat dahsyat bagi manusia ketika alam mencari kesetimbangannya. Bagi manusia ketika alam mencari kesetimbangannya ada yang mengatakan bencana alam, ada yang mengatakan ujian untuk manusia bahkan ada yang mengatakan ahzab. Berbagai kerugian baik materiil maupun moril bahkan jiwa kita alami saat alam mencari kesetimbangannya. Oleh karena itu agar alam tetap setimbangan maka perlu kita jaga. Salah satu upaya menjaga ini harus berlangsung dari generasi ke generasi agar berhasil dengan baik. Untuk bisa berlangsung dari generasi ke generasi harus ada penanaman nilai yang akhirnya jadi karakter yang selanjutnya jadi budaya. Salah satunya alat untuk penanaman nilai ini melalui pendidikan dan kebijakan UNNES untuk memasukkan kuliah lingkungan dan sistem satu pohon satu mahasiswa sangatlah tepat namun menurut hemat saya belum langkah yang optimal. Hal ini dikarena menurut pikiran saya untuk sistem satu pohon satu mahasiswa pada suatu saat akan sulit dijalankan disebabkan keterbatasan lahan demikian juga kuliah lingkungan tidak akan mengena jika tidak diikuti karya nyata karena hakikat belajar adalah untuk mengetahui (learn to know), belajar untuk berbuat (learn to do), dan belajar untuk hidup bersama (learn to life together).
Oleh karena itu penanaman nilai kepada mahasiswa ini perlu dikuti program yang mengharuskan mahasiswa mengaplikatifkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu program sederhana tapi sangat mengena dan mampu memberikan penanaman nilai yang akhirnya menjadi budaya menurut saya adalah melalui UNNES peduli plastik atau UPP. Program ini menurut penulis menitik beratkan pada penghematan pengunaan plastik belanja untuk kebutuhan sehari-hari.
Kita bisa bayangkan bahwa UNNES yang memiliki mahasiswa sebanyak 26554 (data sikadu rekapitulasi mahasiswa semester genap tahun 2011/2012) katakanlah yang kost di Sekaran dan sekitarnya 80 % dari jumlah mahasiswa makaakan ada sebanyak 21243 mahasiswa yang tinggal dan beraktivitas di Sekaran dan Banaran. Bisa dibayangkan bila dalam satu hari mereka membuang satu saja plastik maka akan ada 21243 buah kantong plastik maka dalam satu tahun katakan ada 200 hari karena di potong libur dan pulang kampung akan ada 4248600 buah kantong plastik, bila ukuran satu kantong plastik 50 x 40 cm dan berat 10 gram maka akan ada 42486000 gram sampah plastik atau 42.486 kg dalam satu tahun. Apabila rata-rata masa studi mahasiswa adalah empat tahun maka bisa dibayangkan berapa ton sampah plastik yang dihasilkan.
Oleh karena itu dengan system UPP dimana UNNES mewajibkan mahasiswanya setiap belanja harus membawa tas belanja sendiri. Sangat bagus apabila tas belanja ini dibuat oleh UNNES dengan modifikasi-modifikasi tertentu sehingga mampu memonitoring penggunaannya, dimana hasil monitoring ini bisa digunakan sejauh mana mahasiswa menerapkan kebijakan ini. Apabila kebijakan berjalan dengan baik, ini merupakan wujud nyata tanggungjawab UNNES pada masyarakat Sekaran dan Banaran khususnya hingga perguruan tinggi bukan lagi jadi menara gading di masyarakat.


Agenda Terbaru

    Polling Pengunjung

    Bagaimana penilaian Anda mengenai pelayanan prima BAKK UNNES..??

    Kontak Kami

    Telepon: (024)8508092
    Fax: (024)8508084
    Email: baakk@mail.unnes.ac.id

    BAKK UNNES Gedung Rektorat Lantai 1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang - 50229