Telp: (024) 8508092

Email: baakk@mail.unnes.ac.id

Beranda » Berita » Kunjungan SMA Islam Sultan Fatah Demak: Peluang Masuk UNNES melalui Jalur Seleksi Mandiri Prestasi

Kunjungan SMA Islam Sultan Fatah Demak: Peluang Masuk UNNES melalui Jalur Seleksi Mandiri Prestasi

Aditya Rizkiyanto | Selasa, 27 Desember 2016 | 08:17:29 WIB | Umum | dibaca 1280 kali

Jumat (23/12) UNNES kembali menerima kunjungan dari sekolah, kali ini yang berkunjung ke universitas konservasi tersebut adalah SMA Islam Sultan Fatah yang berasal dari Kab. Demak.

Rombongan dari Demak yang hadir dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Edy Suharto, S.E. ini langsung menempatkan diri di Gedung H. Dalam acara Kunjungan Akademik tersebut, rombongan diterima dengan baik oleh pihak UNNES. Acara dimulai dengan sambutan dan penyampaian maksud kedatangan SMA Islam Sultan Fatah yang diwakili oleh Edy Suharto, S.E. Dalam sambutannya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Islam Sultan Fatah menyampaikan bahwa rombongan sangat terkesan dengan lingkungan UNNES yang asri nan luas. Beliau berharap dapat menjalin kerjasama dengan UNNES dalam berbagai bidang dan juga memperoleh informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru.

Menanggapi hal tersebut, pihak UNNES yang diwakili oleh Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama memberikan sambutan sekaligus paparan mengenai UNNES. Sambutan dan paparan diwakili oleh Kabag. Akademik, Drs. Mulyadi, M.M.

Dalam paparan yang disampaikan, Drs. Mulyadi, M.M. menjelaskan secara lengkap mengenai keunggulan UNNES serta berbagai macam jalur penerimaan mahasiswa baru di UNNES. Disamping mendengarkan paparan yang disampaikan, beliau juga menghimbau kepada para siswa untuk rajin membuka portal yang dimiliki UNNES terkait penerimaan mahasiswa baru yakni penerimaan.unnes.ac.id guna memperoleh informasi up to date mengenai penerimaan.

Dalam acara Kunjungan Akademik ini, terdapat sesi tanya jawab agar apabila ada yang belum jelas dapat ditanyakan langsung kepada Kabag. Akademik selaku narasumber. Dalam sesi tanya jawab tersebut beberapa siswa bertanya untuk mengetahui lebih dalam mengenai penerimaan mahasiswa baru di UNNES.

“Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bertanya. Saya punya bakat olahraga yakni prestasi pada olahraga bulutangkis di tingkat Kabupaten, dalam acara Hari Jadi Kabupaten Demak. Sementara di UNNES sendiri memiliki program Seleksi Mandiri Prestasi, apakah saya memiliki peluang untuk lolos dalam seleksi tersebut?”, tanya Felawati.

“Untuk Seleksi Mandiri Prestasi kategori minimal adalah prestasi pada tingkat Provinsi dan kejuaraan tersebut diselenggarakan oleh induk olahraganya. Disamping itu juga melihat para pesaing yang mendaftar melalui jalur masuk tersebut.”, jawab Drs. Mulyadi, M.M.

“Saya ingin bertanya Pak, ada anak yang berprestasi ranking 1 dari kelas 1 sampai kelas 3. Apa ada kemungkinan untuk diterima melalui jalur SNMPTN di UNNES?”, tanya Haryati Astuti.

“Untuk jalur SNMPTN merupakan jalur undangan yang ditentukan oleh pemerintah untuk diterima atau tidaknya. Namun untuk jalur ini ada kriteria tersendiri yang harus dipenuhi yakni pada nilai mata pelajarannya. Jika nilai mata pelajaran bagus, kemungkinan bisa diterima. Disamping itu juga masih melihat persaingan untuk prodi yang dipilih juga. Untuk nilai yang dimasukkan ke dalam sistem harus sama dengan apa yang ada pada raport.”, ungkap Kabag. Akademik menjawab pertanyaan.

Setelah tak ada lagi siswa yang bertanya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Edy Suharto, S.E. mengajukan pertanyaan kepada Kabag. Akademik.

“Apakah cara yang paling ampuh agar dapat diterima di UNNES ini Pak?”, tanya Edy Suharto, S.E.

“Untuk cara masuk di UNNES ada 4 jalur penerimaan tersebut, sedangkan cara yang paling ampuh adalah dengan mengamati keketatan persaingan pada prodi. Rata – rata yang diterima di UNNES adalah calon mahasiswa baru yang menempatkan UNNES sebagai pilihan pertama.”, jawab Drs. Mulyadi, M.M.


Jam Kerja

Senin - Kamis 07.00 - 16.00 WIB, istirahat 12.00 - 13.00 WIB

Jumat 07.00 - 14.30 WIB, istirahat 11.00 - 13.00 WIB

Kontak Kami

Telepon: (024) 8508092
Fax: (024) 8508084
Email: baakk@mail.unnes.ac.id

BAKK UNNES Gedung Rektorat Lantai 1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang - 50229