Telp: (024) 8508092

Email: baakk@mail.unnes.ac.id

Beranda » Berita » Kunjungan MAN I Bojonegoro ke UNNES: Bagaimana Cara untuk Masuk UNNES?

Kunjungan MAN I Bojonegoro ke UNNES: Bagaimana Cara untuk Masuk UNNES?

Aditya Rizkiyanto | Rabu, 21 Desember 2016 | 08:39:13 WIB | Umum | dibaca 2739 kali

Kemarin (20/12), UNNES kembali menerima kunjungan dari sekolah di Bojonegoro. Namun, kali ini yang berkunjung ke UNNES adalah MAN I Bojonegoro. Rombongan yang berjumlah 285 siswa dan 20 guru yang berasal dari Jawa Timur ini tiba di UNNES dan disambut dengan baik di gedung Auditorium UNNES pada pukul 09.30 WIB.

Begitu acara dimulai, para siswa dan guru mengikuti acara dengan tertib. Dalam acara Kunjungan Akademik ini, Kepala MAN I Bojonegoro diperkenankan untuk memberikan sambutan terlebih dahulu dan menyampaikan maksud kedatangan rombongan menuju Kampus Konservasi ini. Sambutan dari pihak MAN I Bojonegoro disampaikan oleh Guru BK, Cece Manikamerawati, S.Pd.

Dalam sambutannya, Cece Manikamerawati, S.Pd. menyampaikan terimakasih telah diterima dengan baik kunjungannya di UNNES. Terlebih, beliau juga menyampaikan rasa kagum terhadap Kampus Konservasi di Semarang ini karena di sepanjang perjalanan memasuki kampus menjumpai lingkungan yang sangat asri dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh. Dalam pidatonya, beliau juga menyampaikan maksud kedatangan rombongan dari Bojonegoro yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk diterima di UNNES ini.

Mengetahui maksud kedatangan MAN I Bojonegoro tersebut, Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK), Drs. Anwar Haryono, M.Pd. memberikan paparan mengenai keunggulan UNNES dan juga tata cara masuk di Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Sekaran Gunungpati ini.

"UNNES memiliki 4 jalur penerimaan mahasiswa baru. Jalur Seleksi Mandiri Prestasi, SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri Reguler. Jalur Mandiri Prestasi diperuntukkan bagi calon pendaftar yang memiliki prestasi di tingkat provinsi dengan mendaftar dan menunjukkan sertifikat prestasi tersebut. Bagi calon pendaftar yang memiliki prestasi pada tingkat Kabupaten masih dipertimbangkan oleh UNNES", papar Drs. Anwar Haryono, M.Pd.

"Disamping itu masih ada tambahan bagi para pendaftar yang mampu menghafal Al Quran 30 juz langsung diterima tanpa tes tertulis. Sementara untuk SNMPTN dan SBMPTN, yang melakukan seleksi adalah dari Pemerintah Pusat. Kemudian untuk Seleksi Mandiri Reguler, UNNES yang langsung melakukan seleksi", tambah beliau.

Dalam acara tersebut, tersedia sesi tanya jawab yang dapat digunakan dengan baik oleh para siswa untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru di UNNES. Dalam kesempatan tanya jawab tersebut, terdapat beberapa siswa yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertanya.

"Dalam paparan yang Bapak sampaikan tadi, ada beberapa asrama di UNNES. Yang saya tanyakan, siapa saja kah yang berhak menempati asrama tersebut dan bagaimana cara agar bisa menempati asrama tersebut?", tanya Siska Dwi Indrawati.

"Asrama tersebut dipergunakan bagi para mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, namun untuk kedepannya akan ditambah lagi kuota mahasiswa yang menempati. Dengan demikian cara untuk menempati asrama tersebut haruslah diterima melalui jalur bidikmisi", jawab Kepala BAKK.

"Bagaimana jika mendaftar melalui jalur prestasi namun untuk prodi yang dipilih berbeda dengan prestasi yang diraih?", tanya Muhammad Sidiq Ali yang didahului dengan yel – yel dari MAN 1 Bojonegoro menambah kemeriahan acara tersebut.

"Tidak masalah jika mendaftar di prodi yang bukan merupakan prestasinya tersebut, misalkan berprestasi lari 100 meter tingkat provinsi lalu memilih prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Asalkan prestasi yang diraih tersebut prestasi tingkat provinsi atau nasional", jawab Drs. Anwar Haryono, M.Pd.

"Setelah diterima di UNNES, namun ingin pindah prodi, nah bagaimana cara untuk pindah prodi tersebut?", tanya Marsela.

"Untuk pindah prodi, mahasiswa yang bersangkutan harus mengajukan surat permohonan pindah prodi sesuai dengan prosedur kemudian di tes.", ungkap Kepala BAKK.


Jam Kerja

Senin - Kamis 07.00 - 16.00 WIB, istirahat 12.00 - 13.00 WIB

Jumat 07.00 - 14.30 WIB, istirahat 11.00 - 13.00 WIB

Kontak Kami

Telepon: (024) 8508092
Fax: (024) 8508084
Email: baakk@mail.unnes.ac.id

BAKK UNNES Gedung Rektorat Lantai 1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang - 50229