Telp: (024) 8508092

Beranda » Berita » MAN Yogyakarta II “Ngangsu Kawruh” mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru di UNNES

MAN Yogyakarta II “Ngangsu Kawruh” mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru di UNNES

Aditya Rizkiyanto | Kamis, 15 Desember 2016 | 19:32:17 WIB | Umum | dibaca 930 kali

Universitas Negeri Semarang (UNNES) kembali kedatangan tamu dari tingkat sekolah menengah pada Kamis (15/12). Kali ini yang berkunjung ke UNNES adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Yogyakarta II.

Kedatangan rombongan langsung dari Yogyakarta ini dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Evi Evriyanti, S.TP. Rombongan yang datang di UNNES disambut dengan baik oleh Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) yang kali ini diwakili oleh Kepala Bagian Akademik, Drs. Mulyadi, M.M.

Acara Kunjungan Akademik dimulai dengan sambutan dari Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Evi Evriyanti, S.TP.

"Pada kesempatan kali ini kami sangat beruntung dapat mengunjungi Universitas Negeri Semarang untuk menimba ilmu mengenai penerimaan mahasiswa baru. Walaupun kami datang dari Yogyakarta yang sangat terkenal dengan sebutan Kota Pelajar, kami sangat realistis bahwa beberapa siswa kami tentunya sangat ingin melanjutkan studinya di luar kota Yogyakarta. Untuk itu kami mengunjungi UNNES guna menimba informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru di UNNES.", tutur beliau dalam sambutannya.

Menanggapi hal tersebut, Drs. Mulyadi, M.M. yang mewakili Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK) memberikan sambutan dan dilanjutkan dengan paparan mengenai keunggulan dari Universitas Negeri Semarang serta berbagai macam informasi penting mengenai penerimaan mahasiswa baru.

"Ada 10 alasan dari mahasiswa memilih UNNES  untuk melanjutkan studinya, yakni yang pertama UNNES merupakan kampus sehat bebas polusi. Kemudian yang kedua adalah kampusnya hijau dan nyaman. Di sini udara sangat sejuk karena terdapat banyak sekali pohon di sekitar kampus UNNES ini. Kemudian selanjutnya, semua program studi terakreditasi, UNNES kampus multikultur, sistem jaminan mutu yang baik dan mapan, manajemen terpadu dengan Sistem Informasi yang handal, berprestasi tingkat Nasional dan Internasional, lebih dari 9000 paket beasiswa, biaya hidup di UNNES terjangkau, serta lingkungannya asri dan aman.", jelas Kepala Bagian Akademik.

"Untuk pendaftaran mahasiswa baru, ada empat jalur penerimaan mahasiswa baru yang dapat ditempuh. Yang pertama adalah jalur Seleksi Mandiri Prestasi. Seleksi ini diperuntukkan bagi siswa yang memiliki prestasi baik Akademik, Seni, Olahraga, dan lain sebagainya. Kemudian jalur yang kedua adalah SNMPTN yang mana merupakan jalur undangan. Selanjutnya adalah jalur SBMPTN, dan yang terakhir adalah jalur Seleksi Mandiri Reguler", tambah Drs. Mulyadi, M.M.

Dalam acara kunjungan akademik ini terdapat sesi tanya jawab yang diperuntukkan bagi para siswa dan guru yang masih ingin meminta informasi lebih lanjut.

"Pada saat pemaparan tadi, UNNES menyediakan fasilitas berupa asrama. Yang ingin saya tanyakan adalah apa persyaratan untuk menempati asrama tersebut dan juga apakah ada biaya untuk menempati asrama tersebut?", tanya seorang siswa, Nisa.

"UNNES menyediakan asrama yang hanya dapat ditempati oleh mahasiswa bidikmisi selama 2 semester dengan biaya yang terjangkau. Dengan demikian syarat utama untuk menempati asrama tersebut adalah mahasiswa yang diterima melalui jalur bidikmisi", jawab Drs. Mulyadi, M.M.

Disamping seorang siswa yang bertanya tentang asrama di UNNES, Wakil Kepala Sekolah MAN II Yogyakarta pun juga mengutarakan pertanyaan mengenai gelar yang nantinya diperoleh oleh lulusan prodi Desain Komunikasi Visual, Ilmu Hukum, dan juga prodi – prodi non kependidikan lainnya mengingat dahulu UNNES adalah IKIP Semarang yang hanya memiliki prodi kependidikan dengan gelar lulusan Sarjana Pendidikan.

"Gelar yang diperoleh lulusan UNNES mengacu pada peraturan dari DIKTI, untuk prodi non kependidikan tidak memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.), melainkan gelar diambil dari ilmu yang didalami lulusan tersebut, sebagai contoh lulusan Ilmu Hukum akan memperoleh gelar Sarjana Hukum (S.H.). Dahulu UNNES memang bernama IKIP Semarang yang hanya memiliki prodi kependidikan yang gelar lulusannya adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.), namun setelah menjadi Universitas, gelar yang diraih oleh lulusan UNNES tergantung pada prodi yang ditekuninya dan sesuai dengan acuan gelar dari DIKTI", pungkas Kepala Bagian Akademik.


Jam Kerja

Senin - Kamis 07.00 - 16.00 WIB, istirahat 12.00 - 13.00 WIB

Jumat 07.00 - 14.30 WIB, istirahat 11.00 - 13.00 WIB

Kontak Kami

Telepon: (024) 8508092
Fax: (024) 8508084
Email: [email protected]

BAKK UNNES Gedung Rektorat Lantai 1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang - 50229