Telp: (024) 8508092

Beranda » Berita » Berburu Informasi Mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru, MA Ash-Shomadiyah Kab Tuban Kunjungi UNNES

Berburu Informasi Mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru, MA Ash-Shomadiyah Kab Tuban Kunjungi UNNES

Rachmat Hidayatullah | Kamis, 20 Oktober 2016 | 09:47:26 WIB | Umum | dibaca 1324 kali

Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja sama (BAKK) Universitas Negeri Semaranag kembali menerima kunjungan akademik dari MA Ash-Shomadiyah Kab Tuban Jawa Timur (19/10). Sebanyak 52 murid dan guru MA Ash-Shomadiyah diterima oleh Kepala BAKK Drs. Anwar Haryono, M.Pd di ruang 405 Gedung Rektorat UNNES.

Ahmad Bahrinada, S.Pd selaku perwakilan dari MA Ash-Shomadiyah Kab Tuban menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diperuntukkan bagi siswa-siwi klas XII yang sebentar lagi akan lulus agar mendapat informasi mengenai jalur pendaftaran mahasiswa baru dan kehidupan kampus yang ada di Universitas Negeri Semarang.

Menanggapi itu, Anwar Haryono menjelaskan, penerimaan mahasiswa baru di UNNES ada empat jalur yakni Seleksi Mandiri Prestasi, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ketiga Seleksi Mandiri Reguler (seleksi yang diselenggarakan oleh UNNES sendiri).

Jalur Seleksi Mandiri Prestasi merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru di UNNES yang ditujukan bagi siswa kelas XII yang mempunyai prestasi dibidang akademik maupun non akademik dengan syarat minimal juara I tingkat Provinsi akan diterima langsung tanpa tes, sedangkan jika mendapat juara II tingkat Kab/Kota maka akan dipertimbangkan dengan memperhatikan daya tampung dan hasil tes khusus yang dilakukan oleh tim penguji.

Lebih lanjut Anwar Haryono menjelaskan, bahwa yang diterima pada jalur seleksi mandiri prestasi hanya dikenakan biaya kuliah sebesar Rp. 500.000/semester, dan ada pula yang mendapat beasiswa bidikmisi jika memang layak mendapatkannya.

Bidikmisi merupakan program beasiswa dari pemerintah yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi dan tidak mampu secara ekonomi. Selain tidak membayar kuliah sampai lulus (8 semester), peserta bidikmisi juga memperoleh biaya hidup (living cost) sebesar Rp. 600.000/bulan.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Bety Mawarni yang merupakan alumni berprestasi penerima beasiswa bidikmisi. Bety yang merupakan lulusan prodi Sastra Inggris UNNES memberikan testimoni sebagai gambaran nyata bagi calon mahasiswa UNNES dengan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu dia juga memberikan semangat dan motivasi kepada siswa-siswi kelas XII MA Ash-Shomadiyah yang akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi. "Jangan takut untuk melanjutkan studi, karena saya sendiri pada bulan Februari tahun 2017 juga akan berangkat ke Australia untuk melanjutkan studi S2 dengan menggunakan beasiswa Unggulan," pungkasnya.


Jam Kerja

Senin - Kamis 07.00 - 16.00 WIB, istirahat 12.00 - 13.00 WIB

Jumat 07.00 - 14.30 WIB, istirahat 11.00 - 13.00 WIB

Kontak Kami

Telepon: (024) 8508092
Fax: (024) 8508084
Email: [email protected]

BAKK UNNES Gedung Rektorat Lantai 1, Kampus Sekaran, Gunungpati Semarang - 50229